
Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa: Hasil Workshop Bersama Ibu Yuyu Mulyati, S.Pt., M.Pd.
Workshop penyusunan program literasi dan numerasi yang dipandu oleh Ibu Yuyu Mulyati, S.Pt., M.Pd., Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, telah menjadi langkah signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini menjadi titik tolak bagi para guru untuk merancang program yang lebih efektif dalam mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.
Literasi, yang mencakup kemampuan untuk mengenali, memahami, menafsirkan, menciptakan, mengomputasi, dan berkomunikasi, merupakan fondasi penting dalam kehidupan. Kemampuan ini tidak hanya dibutuhkan dalam konteks akademik, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Demikian pula, numerasi sebagai kemampuan berhitung dan memahami konsep-konsep matematika, menjadi kunci dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.
Pentingnya Soal Berbasis Literasi dan Numerasi Menalar
Salah satu poin penting yang ditekankan dalam workshop adalah penggunaan soal-soal berbasis literasi dan numerasi menalar. Soal-soal jenis ini tidak hanya mengukur kemampuan siswa dalam mengingat fakta, tetapi juga kemampuan mereka dalam menganalisis informasi, memecahkan masalah, dan berpikir kritis. Dengan kata lain, soal-soal ini mendorong siswa untuk tidak hanya mengetahui, tetapi juga memahami dan menerapkan pengetahuan mereka.
Workshop ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi para guru, antara lain:
- Pengetahuan yang diperbarui: Guru memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep literasi dan numerasi, serta tren terbaru dalam pembelajaran.
- Keterampilan merancang soal: Guru dilatih untuk merancang soal-soal yang berkualitas, baik dari segi konten maupun tingkat kesulitan.
- Inovasi dalam pembelajaran: Workshop menginspirasi guru untuk menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang inovatif, seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, dan penggunaan teknologi.
- Jaringan kolaborasi: Guru dapat berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk berbagi ide dan pengalaman, sehingga dapat saling belajar dan berkembang.
Hasil dari workshop ini diharapkan dapat diimplementasikan secara nyata di sekolah. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain:
- Integrasi dalam pembelajaran: Guru dapat mengintegrasikan soal-soal berbasis literasi dan numerasi menalar ke dalam semua mata pelajaran.
- Pengembangan bahan ajar: Guru dapat mengembangkan bahan ajar yang menarik dan relevan dengan kehidupan siswa, serta mendukung pengembangan kemampuan literasi dan numerasi.
- Pembentukan komunitas belajar: Guru dapat membentuk komunitas belajar untuk saling mendukung dan berbagi praktik terbaik dalam pembelajaran literasi dan numerasi.
- Evaluasi yang berkelanjutan: Sekolah perlu melakukan evaluasi secara berkala untuk mengukur efektivitas program literasi dan numerasi yang telah dilaksanakan. Dp..
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PERSEGIGA: Perpaduan Seni, Olahraga, dan Iman yang Menginspirasi
"Hey kamu, pecinta seni, religi, dan olahraga! Siap mengguncang panggung SkanSa Guntal? PERSEGIGA 2024 adalah kesempatanmu untuk unjuk bakat dan menginspirasi penonton. Jangan lewatka
Membangun Kompetensi Siswa SMK melalui Teaching Factory: Implementasi Teori Konstruktivisme dan Model Pembelajaran Proyek
Kegiatan IHT Pengorganisasian Teaching Factory yang menghadirkan Bapak Antonio Reinaldo, S.Pd., Kepala SMKN 6 Sijunjung sekaligus Tim TPM SMK Provinsi Sumatera Barat, sebagai narasumber
Meningkatkan Kapabilitas Guru dan Tenaga Kependidikan SMKN 1 Gunung Talang Melalui Workshop Rapor Pendidikan
Peningkatan kualitas pendidikan merupakan tujuan utama setiap lembaga pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kapabilitas guru dan tenaga kependidik
Guru Tamu Industri ATPH Bersama UPTD Balai Benih Induk Lubuk Minturun
Oleh : Hedi Ermarilla, SP, MP Program Guru Tamu kompetensi keahlian Agribisnis Tanaman Pangan & Hortikultura dari SMKN 1 Gunung Talang. Adanya guru tamu dari DU/DI yang memberikan
Membangun Sinergi dan Membumikan Merdeka Belajar: Workshop Pembentukan dan Optimalisasi Komunitas Belajar Guru SMK PK
Peran guru SMK PK dalam mencetak tenaga kerja terampil dan siap bersaing di era industri 4.0 semakin vital. Namun, tantangan dan kebutuhan pembelajaran guru terus berkembang, menuntut a
Workshop Optimalisasi In House Training (IHT) Proses Pembelajaran Guru
Workshop Optimalisasi In House Training (IHT) yang menghadirkan Bapak Rudi Hartono Tarigan, S.Kom, M.Pd sebagai widyaswara ahli madya dari BBPPMPVBBL Medan telah memberikan pemahaman ya
Workshop Penguatan Numerasi dalam Pembelajaran
Numerasi, sebuah istilah yang kian akrab di telinga pendidik, seringkali disalahpahami sebagai sinonim dari kemampuan berhitung semata. Padahal, cakupan numerasi jauh lebih luas dan men
Webinar Pembelajaran Diferensiasi: Langkah Maju bagi Guru SMKN 1 Gunung Talang
Kegiatan webinar seri pertama tentang Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan malam ini oleh komunitas belajar SMKN 1 Gunung Talang menjadi tonggak pentin
Kapolres Solok memimpin upacara bendera di SMK Negeri 1 Gunung Talang
Kapolres Solok Kasat Binmas AKP Edwin. S,H, Senin (21/10/2024) memimpin upacara bendera di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gunung Talang. Kehadiran Kasat Binmas di jajaran Pol